Typus


Mencegah penyakit typus

Alhamdulillah semoga kita dalam keadaan sehat....
beberapa bulan yang lalu aku dapat kabar bahwa salah satu temen saya ada yang terkena penyakit typus
so..aku jadi mencari-cari tip untuk mencegahnya...
mencegah lebih baik dari pada mengobati....

Typus adalah infeksi penyakit akut usus halus, nama lain typus adalah typhoid atau typus abdominalis. Penyebabnya adalah kuman salmonella typhi. Penularan s.typhi terjadi melalui mulut dan makanan yang tercemar. Sebagian kuman akan di musnahkan di dalam lambung untuk asam lambung. Sebagian lagi masuk ke usus halus, mecapai jaringan limfe dan berkembang biak. Kuman kuman selajutnya masuk ke beberapa jaringan organ tubuh, terutama limpa, usus dan kandung empdu. Demam pada typus disebabkan s.typhi dan edotoksinya merangsang sintesis dan pelepasan zat pirogen (menimbulkan panas) pada jaringan yang meradang.


gejala yg terjadi biasanya...
1.Demam dengan panas yang makin lama makin tinggi, gejala ini biasanya terjadi pada minggu kedua dan ketiga  selama 7-10 hari dan baru turun perlahan-lahan pada minggu keempat.
2.Selama demam tinggi penderita biasanya sering mengigau, dan ingatannya menurun atau tidak dapat berfikir secara jelas.
3.Hilangnya nafsu makan, sehingga menyebabkan badan terasa lemas dan berat badan berkurang dan Otot terasa nyeri
4.Buang air besar tidak teratur, sembelit dan diare.
5.Sakit kepala yang hebat, menggigil dan keluar keringat dingin.

6.Mual, muntah-muntah, dan perut terasa sakit.
7.Batuk dan perdangan pada cabang tenggorokan.

8.Timbul beberapa bercak kecil berwarna merah dadu di daerah dada dan perut.


nah untuk pencegahannya adalah,
1.Pola hidup lebih menekankan kepada kebiasaan dan prilaku keluarga yang sangat berhubungan dengan aktivitas sehari-hari, apakah kita punya kebiasaan berolahraga, istrirahat yang cukup dan punya waktu untuk bersantai.
2.Pola makan keluarga menentukan asupan gizi yang dibutuhkan oleh masing- masing anggota keluarga sesuai dengan umur dan aktivitas serta pantangan untuk masing-masing anggota keluarga, 
3.Pola pikir sangat menentukan kebahagiaan seseorang, setiap orang punya masalah tetapi tinggal bagaimana kita menyikapi setiap persoalan dengan bijak dan yakinlah bahwa setiap masalah pasti ada solusi dan jangan menumpuk dan memendam masalah dalam keluarga. Buatlah rumah kita seperti surga dalam pikiran yang sehat ada badan yang sehat
4.Lingkungan yang bersih dan sehat sangat terkait dengan lingkungan fisik tempat tinggal kita. Rumah yang sehat adalah rumah yang ukurannya sesuai dengan jamlah anggota keluarga, mempunyai sirkulasi dan ventilasi yang bagus dan secara estetika nyaman di pandang.




semoga bermanfaat
thanks n best regards
Hery

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pengunjung yang baik adalah yang meninggalkan komen
2.Saran dan kritik sangat membantu demi kemajuan blog ini
3.Terimakasih dan salam berbagi...