VVT-i (variable valve
timing with intelegence)
hello fren...apakabar,
semoga baik2 saja
lama nih ga ngeblog...nie waktu aku mo cerita mengenai VVt-i...mungkin tmen2 semua sering ngelihat mobil2 toyota yang bertuliskan VVt-i biasanya ada di atas spatbor roda depan mobil...coba lihat deh mobil bokap nyokap lu.
nah begni ceritanya
semoga baik2 saja
lama nih ga ngeblog...nie waktu aku mo cerita mengenai VVt-i...mungkin tmen2 semua sering ngelihat mobil2 toyota yang bertuliskan VVt-i biasanya ada di atas spatbor roda depan mobil...coba lihat deh mobil bokap nyokap lu.
nah begni ceritanya
Mesin berteknologi VVT-i (Variable
Valve Timing with intelligence) adalah mesin berteknologi variable valve timing yang
dikembangkan oleh Toyota. VVT-i menggantikan teknologi VVT Toyota yang sudah
mulai diterapkan tahun 1991 di mesin Toyota 4A-GE 5 silinder.
Mesin yang sudah dipakai di sebagian besar mobil Toyota ini diklaim membuat mesin semakin
efisien dan bertenaga, ramah lingkungan serta hemat bahan bakar.
VVT-i (sering
disalahartikan dengan injeksi) bisa diterjemahkan dalam kalimat awam pengaturan
pintar waktu buka tutup valve yang variatif. VVT-i diperkenalkan pada tahun
1996.
Konsep
teknologi
Tinjauan dasar VVT-i
adalah mengoptimalkan torsi mesin pada setiap kecepatan dan kondisi pengemudian
yang membuat konsumsi BBM menjadi
lebih efisien dan menurunka tingkatemisi bahan bakar serendah mungkin.
Itulah sebabnya kendaraan
bermesin teknologi VVT-i sanggup menghasilkan tenaga yang besar sekalipun
kapasitas cc slinder mesin kecil.
seperti nie gambarnya
aslinya
sekarang cara kerjanya
Cara kerjanya cukup
sederhana. Untuk menghitung waktu buka tutup katup (valve timing) yang
optimal, ECU (Electronic Control Unit)
menyesuaikan dengan kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle
(akselerator) dan temperatur air. Agar target valve timing selalu
tercapai, sensor posisi chamshaft atau crankshaft memberikan sinyal sebagai
respon koreksi.
Mudahnya sistem VVT-i
akan terus mengoreksi valve timing atau jalur keluar masuk bahan bakar dan
udara. Disesuaikan dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung demi
menghasilkan torsi optimal di setiap putaran dan beban mesin.
thanks for all.
best regards,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
1.Pengunjung yang baik adalah yang meninggalkan komen
2.Saran dan kritik sangat membantu demi kemajuan blog ini
3.Terimakasih dan salam berbagi...