Mekanisme Katup OHV OHC

salam otomotif
sebagai mana yang sudah saya posting sebelumnya bahwa katup berfungsi untuk mengontrol aliran  gas pembakaran keluar masuk kedalam mesin.berbagai macam teknologi mekaniisme katup yang sekarang ini banyak di terapkan di mesin mobil seperti VVTi (toyota),Vtec(honda),VVT(suzuki),Campro(proton) pada intinya sama yaitu mensuplai abakar bakar kedalan mesin sesuai dengan waktu,kondisi,dan kebutuhan yg di perlukan mesin tersebut agar mesin dapat bekerja maksimal namun irit bensin.
diluar dari teknologi canggih mekanisme katupkali ini saya akan membahas mekanisme katup konvensional.
karena kita harus tau mekanisme dasar dulu sebelum mempelajari teknologi yang lebih canggih.
Berikut ini tipe mekanisme katup yang banyak di pakai hampir di semua mesin

1.Tipe Over Head Camshaft (OHC)
SOHC(single overhead camshaft)
 DOHC(double overhead camshaft)

Pada tipe ini camshaft diletakkan di atas kepaasilinder,dan cam langdung menggerakkan rocker arm tanpa melalui lifter dan pushrod camshaft digerakkan oleh poros engkol melalui rantai atau belt(sabuk penggerak).
keuntungan tipe ini sangat responsive pada kecepatan tinggi

2.Tiper Over head valve(OHV)
Tipe ini penempatan camshaft di dalam blok mesin.di bantu lifter,pushrod.dan rocker arm
konstruksi yang agak rumit ini menjadikan tipe ini kurang responsive pada putaran tinggi sehingga tidak cocok untuk mesin dengan kecepatan tinggi.

2 komentar:

1.Pengunjung yang baik adalah yang meninggalkan komen
2.Saran dan kritik sangat membantu demi kemajuan blog ini
3.Terimakasih dan salam berbagi...