Komponen mesin

Setelah kita mempelajari prinsip dan cara kerja motor 4 tak dan dua tak,selanjutnya kita belajar tentang komponen engine.
Seperti halnya sebuah organ manusia,engine mempunyai beberapa komponen yag bertugas secara simultan membentuk suatu mekanisme,sehingga engine bisa jalan secara sempurna,
Komponen mesin yaitu.

1.Blok Silinder (Cylinder Block)
Bagian utama dari engine di mana ditempatkannya komponen-komponen yg bekerja di dalamnya,,seperti
piston,setang piston,kepala silinder,poros engkol (crankshaft) dll.

2.Kepala silinder (Cylinder head).
 Kepala silinder berfungsi untuk membentuk ruang bakar,sebagai tempat,katup(valve),tempat busi,dll.
 3.Piston/torak/seker
Piston berfungsi untuk mengubah tegana panas menjadi tenaga gerak bolak-balik (translasi). piston pada umumnya dibuat menggunakan bahan alumunium cor (allumunium alloy) karena untuk mencegah piston macet karena pemuaian akibat panas yang tinggi.piston biasanya mempunyai minimal 3 ring yang melingkar dikepalanya,pertama 2 ring kompressi yang berfungsi untuk mencegah kebocoran waktu langkah kompressi,dan satu ring oli yang berfungsi untuk mengikis kelebihan minyak pada dinding silinder.
4.Katup(valve) dan mekanismenya
Katup berfungsi sebagai pengontrol campuran keluar masuknya gas pembakaran ke dalam ruang     bakar/ruang cilinder(intake valve),dan untuk mengontrol gas hasil pembakaran keluar knalpot (exhaust valve)untuk motor 4 tak minimal mempunyai 2 katup yaitu katup isap dan katup buang.
5.Poros engkol(crankshaft) 
Poros engkol berfungsi untuk merubah gerak bolak balik pada piston menjadi gerak putar pada poros engkol.gerakan putarang inilah yang di manfaatkan untuk mendukung semua gerak mesin
jadi secara skema perubahan dari pembakaran menjadi gerak putar yaitu
Terjadi ledakan pembakaran--->menekan piston sehingga piston bergerak naik turun di dalam silinder--->piston menggerakkan poros engkol sehingga menjadi  berputar.putaran inilah yang nantinya akan sampai keroda.
dari keterangan diketahui bahwa perubahan tenaga dari tenaga pembakaran menjadi gerakan putar dihasilkan dari kerjasama antara komponen yang membentuk satu unit mesin bukan dari fungsi dari individu komponen itu sendiri. lihat video di bawah ini :

sekian untuk komponen mesin kita lanjut ke tulisan berikutnya

semoga bermanfaat
@herydarsito

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pengunjung yang baik adalah yang meninggalkan komen
2.Saran dan kritik sangat membantu demi kemajuan blog ini
3.Terimakasih dan salam berbagi...