Oke pembaca yang budiman...
Dalam belajar otomotif terumata otor bakar, yang paling dasar adalah belajar prinsip motor 4 tak dan 2 tak,
dewasa ini hampir semua kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor menggunakan motor 4 tak.saya hanya kan membahas tentang nama komponen,fungsi dan cara kerjanya secara global.
telah kita bahas sebelumnya bahwa motor 4 tak adalah motor yang setiap satu siklus kerjanya di selesaikan dengan dua kali langkah torak.
berikut cara kerjanya
1. Langkah isap
Piston bergerak dari
TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah). dalam langkah ini,
campuran udara dan bahan bakar diisap ke dalam silinder. katup isap
terbuka sedangkan katup buang tertutup. Waktu piston bergerak ke bawah,
menyebabkan ruang silinder menjadi vakum, masuknya campuran udara dan
bahan bakar ke dalam silinder disebabkan adanya tekanan udara luar (
atmospheric pressure).
Ketika torak mencapai TMA, akan mulai bergerak lagi untuk persiapan berikutnya, yaitu langkah isap
Motor 2 tak
Adalah motor yang setiap satu siklus kerjanya di selesaikan dengan satu kali langkah torak
Langkah kerja ini terjadi berulang-ulang selama mesin hidup.
Keterangan : Pada saat piston bergerak ke bawah, udara dan campuran bahan bakar yang berada di ruang bawah piston tidak dapat keluar menuju saluran masuk, karena adanya reed valve.
semoga berguna
@herydarsito
Dalam belajar otomotif terumata otor bakar, yang paling dasar adalah belajar prinsip motor 4 tak dan 2 tak,
dewasa ini hampir semua kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor menggunakan motor 4 tak.saya hanya kan membahas tentang nama komponen,fungsi dan cara kerjanya secara global.
telah kita bahas sebelumnya bahwa motor 4 tak adalah motor yang setiap satu siklus kerjanya di selesaikan dengan dua kali langkah torak.
berikut cara kerjanya
1. Langkah isap
2. Langkah kompresi
Piston bergerak
dari TMB ke TMA. Dalam langkah ini, campuran udara dan bahan bakar
dikompresikan/dimampatkan. Katup isap dan katup buang tertutup. Waktu
torak mulai naik dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA)
campuran udara dan bahan bakar yang diisap tadi dikompresikan. Akibatnya
tekanan dan temperaturnya menjadi naik, sehingga akan mudah terbakar.
3. Langkah usaha
Piston bergerak dari
TMA ke TMB. Dalam langkah ini, mesin menghasilkan tenaga untuk
menggerakan kendaraan. Sesaat sebelum torak mencapai TMA pada saat
langkah kompresi, busi memberi loncatan bunga api pada campuran yang
telah dikompresikan. Dengan terjadinya pembakaran, kekuatan dari tekanan
gas pembakaran yang tinggi mendorong torak kebawah. Usaha ini yang
menjadi tenaga mesin (engine power).
4. Langkah buang
Piston bergerak
dari TMB ke TMA. Dalam langkah ini, gas yang terbakar dibuang dari dalam
silinder. Katup buang terbuka, piston bergerak dari TMB ke TMA
mendorong gas bekas pembakaran ke luar dari silinder.Ketika torak mencapai TMA, akan mulai bergerak lagi untuk persiapan berikutnya, yaitu langkah isap
Motor 2 tak
Adalah motor yang setiap satu siklus kerjanya di selesaikan dengan satu kali langkah torak
1. langkah isap dan kompresi
Piston
bergerak ke atas. Ruang dibawah piston menjadi vakum/hampa udara,
akibatnya udara dan campuran bahan bakar terisap masuk ke dalam ruang
dibawah piston. Sementara dibagian ruang atas piston terjadi langkah
kompresi, sehingga udara dan campuran bahan bakar yang sudah berada di
ruang atas piston suhu dan tekanannya menjadi naik. Pada saat 10-5
derajat sebelum TMA, busi memercikan bunga api, sehingga campuran udara
dan bahan bakar yang telah naik temperatur dan tekanannya menjadi
terbakar dan meledak.
2. Langkah usaha dan buang
Hasil dari
pembakaran tadi membuat piston bergerak ke bawah. Pada saat piston
terdorong ke bawah/bergerak ke bawah, ruang di bawah piston menjadi
dimampatkan/dikompresikan. Sehingga campuran udara dan bahan bakar yang
berada di ruang bawah piston menjadi terdesak keluar dan naik ke ruang
diatas piston melalui saluran bilas. Sementara sisa hasil pembakaran
tadi akan terdorong ke luar dan keluar menuju saluran buang, kemudian
menuju knalpot.Langkah kerja ini terjadi berulang-ulang selama mesin hidup.
Keterangan : Pada saat piston bergerak ke bawah, udara dan campuran bahan bakar yang berada di ruang bawah piston tidak dapat keluar menuju saluran masuk, karena adanya reed valve.
semoga berguna
@herydarsito
joss.. mantap gan artikelnya sangat bermanfaat..
BalasHapusagen tiket pesawat