Assalamualaikum..wr wb.
Hay sobat...mohon maaf lahir bathin...
lama tak jumapa setelah sekian lama tidak nulis lagi, maklum lah sebagai karyawan ya kaya gini pulang kerja cape istirahat ga sempet nulis,
kali ini di sela waktu santai, saya ingin melanjutkan berbagi ilmu mengenai dunia otomotif..
Pernahkan sobat membayangkan mesin mobil bisa hidup sendiri tanpa di starter,di engkol,di genjot atau di dorong sekalipun, tentutidak pernah kan?
nah bagaimanapun caranya mesin itu perlu tenaga awal sebagai pancingan agar bisa hidup secara terus menerus.jadi sistem starter adalah : suatu sistem atau mekanisme yang berfungsi untuk memberikan gerakan awal pada mesin untuk mememutarkan mesin tersebut sampai hidup.
kalo lihat speda motor sistemnya pakai engkol/kick starter/starter tendang (jaman dulu),tapi sekarang sudah pakai starter pencet,ga perlu ngabisin nasi sepiring untuk menyalakan tuh mesin motor.
1.Letak sistem starter pada motor.
kalo motor supra sih biasaya terletak si sebelah kanan bagian atas mesin
kalo pada mobil biasanya nempel pada blok mesin bentuknya seperti dinamo
2.Komponen fungsi dan cara kerjanya
komponen dari sistem starter yaitu
a.Aki (accu) berfungsi untuk menyuplai tenaga listrik
b.kunci kontak berfungsi penghubung aki ke motor starter
c.motor starter berfungsi untuk merubah tenaga listrik menjadi tenaga putar.
dibawah ini adalah gambar dari motor starter
gambar asli
gambar teknis
gambar teknis (sama dengan yg atas)
cara kerja sebagai berikut (sambil lihat gambar di atas)
saat kunci kontak(ignition switch) di pencet arus mengalir dari
batteray-->ignition switch-->terminal 50-->pull in coil (lilitan)-->massa.
sehingga lilitan berubah menjadi magnet dan menarik plunger kekanan.
dengan tertariknya plunger maka terminal 30 dan terminal C terhubung.
karena terminal 30 dan C terhubung..maka arus listrik akan mengalir juga melalui
batteray-->terminal 30-->terminal C-->field coil-->armature-->massa
karena teraliri arus listrik maka field coil berubah jadi magnet begitu juga dengan armature.sehingga armature akan berputar,pinion berputar menggerakkan mesin melalui ring gear
untuk lebih jelasnya mungkin lihat video kali ya..
kalo masih belum jelas bisa kontak saya...nanti belajar langsung pake media praktek.
semoga berguna....
salam hery....
Hay sobat...mohon maaf lahir bathin...
lama tak jumapa setelah sekian lama tidak nulis lagi, maklum lah sebagai karyawan ya kaya gini pulang kerja cape istirahat ga sempet nulis,
kali ini di sela waktu santai, saya ingin melanjutkan berbagi ilmu mengenai dunia otomotif..
Pernahkan sobat membayangkan mesin mobil bisa hidup sendiri tanpa di starter,di engkol,di genjot atau di dorong sekalipun, tentutidak pernah kan?
nah bagaimanapun caranya mesin itu perlu tenaga awal sebagai pancingan agar bisa hidup secara terus menerus.jadi sistem starter adalah : suatu sistem atau mekanisme yang berfungsi untuk memberikan gerakan awal pada mesin untuk mememutarkan mesin tersebut sampai hidup.
kalo lihat speda motor sistemnya pakai engkol/kick starter/starter tendang (jaman dulu),tapi sekarang sudah pakai starter pencet,ga perlu ngabisin nasi sepiring untuk menyalakan tuh mesin motor.
1.Letak sistem starter pada motor.
kalo motor supra sih biasaya terletak si sebelah kanan bagian atas mesin
kalo pada mobil biasanya nempel pada blok mesin bentuknya seperti dinamo
2.Komponen fungsi dan cara kerjanya
komponen dari sistem starter yaitu
a.Aki (accu) berfungsi untuk menyuplai tenaga listrik
b.kunci kontak berfungsi penghubung aki ke motor starter
c.motor starter berfungsi untuk merubah tenaga listrik menjadi tenaga putar.
dibawah ini adalah gambar dari motor starter
gambar asli
gambar teknis
gambar teknis (sama dengan yg atas)
cara kerja sebagai berikut (sambil lihat gambar di atas)
saat kunci kontak(ignition switch) di pencet arus mengalir dari
batteray-->ignition switch-->terminal 50-->pull in coil (lilitan)-->massa.
sehingga lilitan berubah menjadi magnet dan menarik plunger kekanan.
dengan tertariknya plunger maka terminal 30 dan terminal C terhubung.
karena terminal 30 dan C terhubung..maka arus listrik akan mengalir juga melalui
batteray-->terminal 30-->terminal C-->field coil-->armature-->massa
karena teraliri arus listrik maka field coil berubah jadi magnet begitu juga dengan armature.sehingga armature akan berputar,pinion berputar menggerakkan mesin melalui ring gear
untuk lebih jelasnya mungkin lihat video kali ya..
kalo masih belum jelas bisa kontak saya...nanti belajar langsung pake media praktek.
semoga berguna....
salam hery....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
1.Pengunjung yang baik adalah yang meninggalkan komen
2.Saran dan kritik sangat membantu demi kemajuan blog ini
3.Terimakasih dan salam berbagi...